Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarang kita ketahui, beberapa anjuran doa dalam istighfar

Dalam kehidupan tentunya setiap orang punya keinginan dan pencapaian kesuksesan, baik meraih kesuksesan untuk kepentingan dunia maupun akhirat, akan tetapi manusia terkadang lupa bahwa kita hidup didunia hanya sementara, oleh karena itu perbanyaklah ibadah untuk bekal diakhirat nanti. Juga perbanyaklah berdoa diiringi ikhtiar (usaha) agar yang diinginkan bisa tercapai dan ada dalam ridha Allah SWT. Akan tetapi ada 5 perkara yang dianjurkan dalam berdoa kepada Allah SWT yang ada dalam istigfar ketika kita menjalankan kehidupan didunia.

Anjuran doa dalam istighfar
Doa dalam Istighfar
1. Mintalah ampunan kepada Allah SWT dari dosa dan kesalahan 

  • اَسْتَغْفِرُ اللهَ رَبَّ الْبَرَايَا، مِنَ الْخَطَايَا

Astaghfirullah rabbalbaraa yaa, minalkhataa yaa

Manusia merupakan tempatnya salah dan lupa, tetapi jangan sampai tempat itu diisi oleh kesalahan yang berkelanjutan, karena segala sesuatu yang kita perbuat akan dipertanggung jawabkan diakhirat kelak. Oleh karena itu perbanyaklah mencari ilmu agama agar kita bisa faham benar mengenai perintah-perintah Allah yang harus dikerjakan. Mudah-mudahan Allah SWT memberi hidayah dan taufik-Nya dan bisa meminta ampunan kepada-Nya atas dosa dan kesalahan yang dikerjakan sebelumnya.

2. Mintalah ingin diberi ilmu yang bermanfaat  

  • رَبِّىْ زِدْنِىْ عِلْمًانَافِعَا

Rabbii zidnii 'ilmaan-naa fi'aa

Ketika kita mempunyai ilmu, tentunya ilmu itu tidak hanya untuk pengetahuan semata, tetapi ilmu itu harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat bagi diri sendiri, syukur-syukur bisa bermanfaat bagi orang lain. Ketika kita mempunyai ilmu jangan pernah kita merasa kita paling benar, malah sombong dengan ilmu yang kita miliki, Melainkan dengan bertambahnya ilmu kita harus semakin dekat kepada Allah SWT dengan cara mensyukuri semua kenikmatan yang Allah berikan, dengan cara beribadah dan mempunyai rasa takut ( menjauhi larangan-Nya ) bahwa Allah SWT maha mengetahui apa yang kita kerjakan.

3. Mintalah taufik agar bisa amal (beribadah ) yang diterima oleh Allah SWT. 
* ket. : Taufik adalah kemampuan untuk mengikuti apa yang diperintahkan oleh Allah SWT.

  • وَفِقْنِيْ عَمَلًامَقْبُوْلَا

Wa fiqnii 'amalan maqbuu laa

Begitu ruginya dan terasa lelahnya ketika kita bekerja, tapi kerjaan kita tidak disetujui oleh atasan. Begitu juga amal atau ibadah yang kita kerjakan tentunya ingin diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu perbaikilah amal ibadah kita dengan belajar ilmu agama, agar amal ibadah yang kita kerjakan sesuai dengan ilmunya ( tidak asal-asalan ) dan bisa diterima oleh Allah SWT.

4. Mintalah diberi kelapangan ( luas ) rizki serta halal dan berkah

  • وَهَبْ لِيْ رِزْقًاوَاسِعَا

Wa hablii rizqon waa si'aa

Rizki tidak hanya berbentuk materi, tetapi kesehatan dan kelancaran dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari merupakan rizki yang harus kita syukuri. Bentuk syukur atas kesehatan jasmani, yaitu anggota badan dipakai untuk beribadah kepada Allah SWT. Dan juga materi yang kita miliki harus didapat dengan cara yang halal, agar rizki yang kita pakai (konsumsi) bisa berkah dan menjadi sumber kekuatan dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. 

5. Mintalah ingin bisa benar-benar taubat ( taubat nasuha ) 

  • وَتُبْ عَلَيْنَا تَوْبَةً نَسُوْحَا

wa tub 'alaina taubatan nasuuhaa

Salah satu jalan agar bisa diampuni segala dosa dan kesalahan kepada Allah SWT  yaitu dengan taubat sebenar-benarnya, tidak akan mengulangi perbuatan dosa yang telah dilakukan dan beristigfar menyesali dosa-dosa yang telah diperbuat. 

Posting Komentar untuk "Jarang kita ketahui, beberapa anjuran doa dalam istighfar"